Macam-Macam Format Dalam Video & Gambar

Macam-Macam Format Dalam Video & Gambar


Format Gambar :
  1. BMP (Bitmap Image) Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik (pixel) yang tersimpan di memori komputer.
  2. JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group) Joint Photographic Experts Group (JPEG) merupakan skema kompresi file bitmap.
  3. TIFF (Tagged Image Format File) TIFF merupakan format file terkompresi yang biasa digunakan dipaket desktop publishing dan juga merupakan format file bagi percetakan yang diindikasikan dengan ekstensi.
  4. GIF (Graphics Interchange FormatGIF adalah format gambar asli yang dikompres dengan CompuServe.
  5. JPG 2000/JPEG 2000 JPEG 2000 adalah teknik kompresi image yang paling terbaru. Jpeg 2000 merupakan pengembangan dari Jpeg, yang jumlah bit error yang relatif rendah, rate distorsi, transmisi dan mempunyai kualitas yang baik dibandingkan dengan Jpeg.
  6. PNG (Portable Network GraphicsPNG adalah format gambar yang sangat baik untuk grafis internet, karena mendukung transparansi didalam perambah (browser) dan memiliki keindahan tersendiri yang tidak bisa diberikan GIF atau bahkan JPG.
Format Video :
  1. MPEG (Motion Picture Expert Group) Adalah codec video yang mengompres masing-masing frame sebagai JPEG image yang terpisah.
  2. AVI ( Audio Video Intreleave) Format ini termasuk pada format viodeo yang tidak dikompresi. Format AVI merupakan standar microsoft dan windows sebagai platformnya.
  3. WMV ( Windows Media Video ) Adalah bagian dari sistem Windows Media buatan Microsoft. Adalah sebuah codec untuk mengencode film dan mentransform slide show yang berisi format bitmap kedalam video terkompres.
  4. FLV (Flash Video) Adalah sebuah wadah format file yang digunakan untuk mengirim video melalui Internet menggunakan Adobe Flash Player.
  5. 3GP (3GPP format file) Adalah sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk 3G UMTS jasa multimedia.

Komentar